Aesculapius

December 26, 2012 § Leave a comment

Pernah dengar tentang Aesculapius? Kalau anak kedokteran, minimal seharusnya pernah dengar namanya lah.

Aesculapius, dalam mitologi Yunani, dianggap sebagai dewa kedokteran (god of medicine). Ia lahir dari dewa Apollo dan Chronis (pembantu Thesaly. Entah siapa Thesaly itu). Namun, ternyata si Chronis ini jatuh cinta pada pria lain. Biasa, orang ketiga.

Untuk menyelamatkan Apollo dari rasa malu, maka saudari perempuannya, Artemis, membunuh Chronis dengan membakarnya. Aesculapius yang saat itu masih berada dalam kandungan, kemudian dikeluarkan oleh Apollo (itu sebabnya ia dinamai aesculapius. It means “to cut open”). Aesculapius lalu diberikan oleh Apollo ke seekor centaur bernama Cheiron, yang ternyata tahu tentang ilmu kedokteran. Aesculapius lalu begitu mahirnya dalam “art of medicine” sampai-sampai ia mampu menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Merasa Aesculapius mengacaukan hukum tentang kehidupan, Zeus lalu men”thunderbolt” si Aesculapius. Dan, matilah dia.

Sedikit info tambahan, dulu aesculapius dilambangkan dengan sebuah tongkat yang dililit ular. Tapi, dunia kedokteran salah mengambil lambang. Apa kamu tahu hal itu?? Nah, Lambang yang digunakan adalah lambang Hermes, jenis dewa lainnya dalam mitologi yunani.

Hohohoho…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Aesculapius at The Story Never Ends.....

meta

%d bloggers like this: