Sudahkah kita menjadi pribadi yang dewasa?

February 27, 2013 § Leave a comment

Sudahkah aku jadi pribadi yang dewasa?
Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang paling sering kita tanyakan pada diri sendiri. Tapi kita tidak tahu, karena dewasa itu sepertinya tidak mempunyai patokan. Tidak punya tolok ukur. Yang kita tahu, umur semakin bertambah.

Meski tidak punya patokan, kurasa setiap orang punya standar tersendiri tentang apa itu dewasa. Sebagian besar pasti berhubungan dengan tanggung jawab dan sikap. Kurasa itu benar adanya. Tanggung jawab. Sudahkah kita bertanggung jawab terhadap apapun hasil dari tindakan kita? Pernahkah kita lari dari amanah yang diberikan orang? Sudah dapat dipercaya oleh orang lain kah kita? Jawab sendiri saja lah pertanyaan itu.

Dan sikap. Sudah mampukah kita menempatkan sikap untuk segala macam kondisi? Mampukah kita tenang saat situasi berubah menjadi sesuatu yang tidak kita harapkan? Menangis dan mengeluhkah kita saat semuanya tidak seperti yang kita inginkan? Nah, itupun silakan jawab sendiri.

Yang kutakutkan, jika waktu berlalu tanpa kita bergerak ke arah kedewasaan, adalah bahwa kita tidak akan siap menghadapi masa depan kita yang tentu mengandung segala macam masalah, yang tentu lebih banyak daripada masalah apapun yang kita hadapi sekarang ini. Bayangkan, jika engkau yang sekarang berumur 23 atau 24, membayangkan dirimu di 10 tahun ke depan, masih samakah kita? Masih jadi pribadi yang seperti sekarang kah kita?

jadi, bagaimana cara memastikan agar kita siap menghadapi masa depan kita nanti? Well, jika engkau bertanya padaku bagaimana caranya, maka yang bisa aku sarankan adalah dengan menanamkan dalam alam bawah sadar kita bahwa “hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Maka jika sebelum tidur, renungkanlah sejenak. Tanyakan ini pada dirimu sendiri. “Hal apa, yang aku lakukan hari ini, yang membuatku lebih baik dari hari kemarin?”. Jika tidak ada, maka menurutku, engkau telah membuang satu harimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dan, jangan pernah lari dari masalah apapun. Jika engkau lari, maka engkau mengurangi kedewasaanmu sebanyak beberapa derajat.

Karena engkau tahu? Bahwa selalu ada tempat kosong untuk kedewasaan-kedewasaan itu. Marilah kita mulai lagi. Mari pastikan bahwa masa depan itu milik kita. Bahwa kita adalah generasi-generasi untuk masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sudahkah kita menjadi pribadi yang dewasa? at The Story Never Ends.....

meta

%d bloggers like this: