Tulisan iseng di sore hari

February 27, 2013 § Leave a comment

Engkau tahu, aku ingin sekali menjadi penulis. Tidak tahu darimana passion semacam itu muncul. Yang jelas, hal ini memberi kenikmatan tersendiri bagiku yang sulit kujelaskan. Apalagi kalau kepalaku sedang dipenuhi suatu gagasan atau katakanlah sebuah ide aneh sekalipun. Tidak kusia-siakan, hal itu pasti kutuliskan. Minimal di dalam buku jurnalku, atau di note ipad ku.

Cerita paling favorit untuk kutuliskan adalah cerita-cerita masa lalu yang penuh memori. Misalnya saat SMA, saat dulu mendaki gunung gede, dan sebagainya. Untuk sekarang ini, cerita yang bisa kutuliskan adalah cerita-ceritaku semasa koas. Ya, tidak apa-apa lah. Yang penting jariku tetap mengetik di atas keyboard dan bunyi cetak-cetuk itu tetap terdengar. Aku anggap ini sebagai latihan bagiku. Latihan untuk terbiasa menulis dan latihan untuk memenuhi target jumlah kata.

Aku baca di internet, untuk menjadi seorang penulis, maka mulailah menulis. Tulislah apapun yang kamu ingin tulis dan jangan sekalipun berhenti sebelum engkau selesaikam tulisanmu itu. Tidak perlu takut akam susunan kata yang salah, huruf yang lupa atau lebih, atau bahkan pargaraf yang sepertinya tidak koheren dan sebagainya itu. Itu semua nanti saja engkau pikirkan. Itu sebabnya ada proses rewriting.

Dan satu lagi kunci seorang penulis. Ia haruslah senang membaca. Tidak mungkin kamu mampu menuangkan ide ke dalam tulisan jika membaca pun engkau tidak suka. Makes sense. Well, aku lumayan suka membaca tuh. So, aku punya peluang untuk jadi seorang penulis.

Tidak banyak yang tahu bahwa aku ingin sekali jadi penulis. Hanya satu orang sepengetahuanku. Neshya Ruriana Putri. Kepadanya lah aku membagikan kisah-kisahku. Kurasa hanya dia yang tahu. Eh, maaf Tuhan. Tentu Engkau yang Maha Besar juga tahu.

Hahahaha…

Oke, kembali soal menulis tadi.tahukah engkau, ada seprang penulis yang bernamam Neil Gaiman. Dia adalah seorang novelis, cerpenis dan komikus dengan karya-karya yang telah mendunia. Ia juga tak asing di dunia teater dan perfilman. Buku-bukunya termasuk American Gods, Stardust, Coraline, The Graveyard Book dan Good Omens.

Nah, si Neil ini memberi tips menulis. Kusarankan, jika engkau juga ingin menjadi penulis, maka bacalah tips-tips darinya berikut ini, dan tentu saja, praktekkan.
Berikut adalah 8 tips menulis yang ia berikan:
1. Mulailah menulis.
2. Rangkai kata demi kata hingga kau menemukan kata yang tepat, lalu tuliskan kata itu.
3. Selesaikan apa yang kau tulis. Apapun yang harus kau lakukan untuk menyelesaikannya, selesaikan tulisanmu.
4. Kesampingkan tulisanmu. Baca tulisanmu seolah kau tak pernah membacanya sebelum itu. Tunjukkan kepada teman-teman yang pendapatnya kau hargai dan yang suka terhadap materi tulisanmu.
5. Ingat: saat orang bilang ada yang salah dengan tulisanmu atau ada hal yang tidak masuk akal bagi mereka dalam tulisanmu, mereka hampir selalu benar. Dan saat orang menunjukkan kesalahanmu serta mengajarkan cara untuk membenarkannya, mereka hampir selalu salah.
6. Benarkan tulisanmu. Kau harus ingat, cepat atau lambat, sebelum kau mencapai titik kesempurnaan dalam tulisanmu, kau harus bisa melepaskannya dan lanjut menulis hal-hal lain. Mencari kesempurnaan sama saja seperti mengejar cakrawala. Kau harus terus bergerak.
7. Kau harus bisa menertawai leluconmu sendiri.
8. Peraturan utama dalam menulis adalah jika kau bisa melakukannya dengan yakin dan tekun, kau bisa melakukan apa saja yang kau mau. (Ini juga bisa jadi peraturan utama dalam hidup, namun lebih tepat jika diaplikasikan dalam proses menulis). Maka itu, tulislah ceritamu seperlunya.

9. Tulislah ceritamu dengan jujur, dan lakukan sebaik mungkin. Aku rasa tidak ada peraturan lain yang berarti dalam proses menulis.

Well, sekian dulu tulisan isengku di sore ini.
Ciao..

Nb: Aku ingin sekali mencoba untuk membuat suatu kisah berseri. Well, it is, off course, just some idea, but you know, i just might do it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tulisan iseng di sore hari at The Story Never Ends.....

meta

%d bloggers like this: